Tuesday 8 December 2015

Rahasia dibalik renyahnya rengginang

Rengginang dulunya hanyalah makanan kampungan yang tak begitu diperhatikan oleh masyarakat banyak karena dalam prosesnya masih manual.dan terkadang hanya dijadikan cemilan saat sedang santai namun karena perkembangan jaman rengginang sekarang sudah tidak asing lagi dan banyak terjual ditoko-toko jajanan bahkan masuk kesupermarket.

Dibalik renyahnya rasa rengginang ada usaha .ketilian serta keuletan yang luar biasa dalam pembuatannya .disini penulis akan meberikan resep rahasia turun temurun warisan keluarga cara pembuatan rengginang khas dari Purwodadi kabupaten Grobogan.
Bahan - Bahan Rengginang Gurih Manis

      1.Beras ketan 1kg
      2.1/2kelapa tua
      3.gula pasir
      4.garam
Pertama tama beras ketan direndam selama 8jam .kelapa diparut diambil satannya.kemudian beras ketan diditiriskan lalu dimasak +-15menit lalu diturunkan kemudian beras yang sudah dimasak diambil kemudian santan,satu sendok makan gula pasir.dan sedikit garam dicampur lalu ditanak lagi +- 20menit lagi baru rengginang siap untuk dicetak.

Untuk pencetakan Rengginang biasanya menggunakan cetakan dari pralon budar untuk ukuran  diameter 6cm biasanya bisa jadi 100buah rengginang

No comments:

Post a Comment